Pages

Minggu, 20 Januari 2019

MAGNET TETAP sebagai Sumber Energi Terbarukan

                                                      
Pinisi, kapal tangguh Nusantara
Energi bebas (termasuk magnet) sebenarnya telah hadir dan dimanfaatkan sejak awal peradaban, jauh sebelum generator listrik dan motor bakar hadir. Manusia memanfaatkan energi bebas di alam sebagai mesin mereka, misalnya pelaut menyeberangi lautan luas hanya menggunakan tenaga angin, dan penggunaan kincir angin dan kincir air untuk membantu proses produksi. Akan tetapi, satu-dua abad lalu manusia menjadi amat bergantung kepada bahan bakar fosil seperti minyak, batu bara, dan gas alam untuk menghasilkan listrik. Ketika sumber BBM itu mulai menipis (terlihat dari harganya yang menaik drastis), manusia kembali ke pembangkit energi alami yang murah bahkan gratis.

PLTA Koto Panjang 114 MW, Riau
Manusia sangat mengenal teknologi energi bebas terbarukan seperti sel surya, turbin angin, PLTA, dan pompa panas geothermal. Sudah saatnya energi bebas jenis baru lainnya ditambahkan, yaitu magnet, PLTMn, Pembangkit Listrik Tenaga Magnet. Konsep PLTMn tanpa bahan bakar ini sebenarnya telah berumur lebih dari 100 tahun dan disiplin ilmu ini adalah kawasan milik Begawan Listrik, Nikola TeslaWesley Gary (1874) adalah orang pertama yang memberikan ide bahwa magnet dapat menggerakkan motor, tetapi saat itu masih tidak praktis. Hans Coler (1925) mendapatkan listrik menggunakan motor magnetik ketika bekerja sebagai tentara Jerman pada Perang Dunia II.

Keuntungan PLTMn adalah:
1) Sumber aliran listrik gratis, ajeg, dan stabil; 2) Ramah lingkungan, tidak menimbulkan emisi gas dan kimia berbahaya, dan tidak menghasilkan panas lebih; 3) Dapat dioperasikan pada kondisi cuaca apapun, sangat dingin atau sangat panas, baik di dalam maupun di luar ruangan; 4) Bentuknya bisa kecil dan murah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di mana-mana; 5) Hampir tidak memerlukan perawatan, bila ada, biaya perawatannya murah. 
Cara kerja generator magnet menghasilkan listrik sama dengan turbin listrik. sebuah Rotor besi dililit kawat tembaga, kemudian diputar dalam medan magnet guna menghasilkan aliran elektron ajeg dan terus menerus. Bedanya adalah semula turbin listrik diputar menggunakan BB fosil / gas / uap dll. untuk menggerakkan rotor, maka dalam hal ini medan magnet menggerakkan rotor. Seperti diketahui, magnet memiliki kutub Utara dan Selatan, magnet dengan kutub sama akan saling tolak-menolak, dan kutub berlawanan akan saling tarik-menarik. Dalam PLTMn, dorongan dan tarikan kutub magnet akan membuat rotor tetap bergerak hingga menghasilkan listrik bebas yang dapat disimpan dalam baterai. Gesekan udara dan friksi akan menurunkan putaran rotor, tetapi sekali laju rotasi turun di bawah titik tertentu, motor listrik akan masuk ke sistem sehingga laju rotor pulih kembali, karena ada bantuan energi yang tersimpan dalam baterai.

Contoh: 
  • Motor magnet permanen buatan Howard Johnson (Paten AS No. 4.151.431 [1979]; 4.877.983 [1989]; dan 5.402.021 [1995])
  • Generator EBM 720 (Energy By Motion, Free Energy Magnetic Power Plant) 15 kW (sellable energy) seberat 15.000 kg buatan Budapest (Hongaria) dibangun tahun 2000 dengan medan elektromagnet sebagai 'bahan bakar'  (2senUSD/kWh). Penelitian serupa dikembangkan pula di Toronto, London, dan Houston, dan masing-masing meneliti berbagai aspek terutama keluaran listrik dan panasnya.
  • Demo motor listrik menggunakan magnet permanen 24V DC
  • Demo proyek penyiapan motor menggunakan 2 potongan magnet permanen Nd. Penambahan beberapa potongan magnet permanen kuat akan menambah daya motor / tenaga listrik, sehingga dapat menggerakkan koil / roda lebih cepat dengan arus tetap [1, 2, 4, 5].
  • Motor magnet permanen HoJo.
  • Generator listrik menggunakan magnet permanen (menghasilkan 40kW).
  • Generator magnet permanen 3 fase.
  • Generator magnet permanen rotor pisah rpm rendah 30kW.
  • Uji Generator magnet permanen 10kW, 1.088 rpm, 
  • Generator magnet rumahan (kecil, besar / 39kW), dll.


Peneliti dari Infinivity SAV Team, yang berlokasi di Seoul, Korsel (Sep 2016), berhasil menghasilkan PLTMn 6kW (50% untuk menggerakkan motor guna mempertahankan RPM pada beban puncak, 50% sisanya dimanfaatkan pengguna, disebut pula daya output 3kW). Bila anda memerlukan daya lebih, beberapa unit PLTMn tersebut dapat dihubungkan dan disinkronkan untuk menghasilkan listrik 6kW, 9kW, dst. Tegangan yang dihasilkan: 1) 380V 3-phase 50-60Hz; 2) 220V 50-60Hz; 3) 110V 50-60Hz. Seratus unit produk pertama akan diluncurkan yang secara eksklusif ditangani oleh distributor di seluruh dunia (silahkan, bila anda ingin menjadi distributornya). Teknologinya berupa simbiosis magnet permanen dan koil bifilar. koil bifilar dipasang dengan sudut geser spesifik guna mengubah arus parasitik menjadi energi yang dapat dipakai. Sementara, permanen magnet diperlukan untuk mempertahankan rotasi. Gerakan awal dilakukan oleh baterai atau energi dari luar beberapa menit hingga mencapai RPM yang diperlukan, kemudian sumber energi luar dicopot. RPM dipertahankan oleh motor asynchronous yang dilengkapi perangkat lunak khusus yang mengendalikan motor. Daya keluaran (output) tergantung RPM itu. Meski dapat beroperasi >10 th nonstop, perlu perawatan tahunan pada bagian bergerak (bearing, dll). Magnet Nd bekerja hingga 100 tahun, dan daya magnetnya menurun hanya 1% setiap 10 tahun. Alat ini dapat digunakan di sektor rumah tangga, produksi, otomotif, pertanian, perkapalan, militer, penerbangan, dll. yang butuh listrik.
Peneliti Pakistan Wasif Kahloon (2013/2014) juga mencoba membuat purwarupa mesin PLTMn dengan menggunakan butir-butir magnet guna memproduksi energi bebas yang ternyata menghasilkan daya 3,5 kWatt (melistriki 2 elemen pemanas, fan besar, dan beberapa lampu) tanpa sumber apapun kecuali magnet di dalamnya. Teknologi itu akan dipasarkan ke personal, industri, dan publik guna menghasilkan energi listrik dan mekanik.

Laboratorium Micasa (Swiss) melakukan riset dengan memanfaatkan PLTMn yang terdiri atas 6 set magnet Nd (neodimium) yang baru mampu menerbangkan karpet seberat 2,4 kg hingga setinggi 7 cm. Percobaan berikutnya diharapkan mampu menerbangkan beban 10 kg setinggi 20 cm. Bila hal itu dilakukan serius, ia akan menjadi cikal-bakal karpet Aladin di masa depan.

Dadu magnet Nd
Magnet Nd (Neodymium, juga dikenal sebagai NdFeB atau Neo Magnet), jenis magnet logam tanah jarang (logam yang termasuk LTJ adalah Y, La, Ce, Pr, Nd, Gd, Sc, Sm, Eu, Dy, dll. yang banyak ditemukan di Bangka) adalah magnet permanen terkuat (tersedia di pasar) yang terbuat dari paduan logam Neodimium, Besi dan Boron dengan membentuk struktur kristal tetragonal Nd2Fe14B. Proses pembuatannya melalui teknik metalurgi serbuk, pemadatan cepat / isotropic pressing lalu sintering ~1000 oC tanpa oksigen). Sesudah itu, produk jadi dilapisi nikel guna mencegah korosi. Logam LTJ lainnya, Pr, juga dapat dibuat magnet permanen Ferrite, Pr2Fe14B. Magnet yang lebih murah dan cukup kuat sedang diupayakan pula.


Muammer Yildiz (peneliti Turki) tahun 2013 menunjukkan hasil litbangnya di Jenewa, Swiss, yaitu pemanfaatan magnet sebagai sumber daya / motor (PLTMn). Motor magnet yang berisi 1200 butir magnet itu dibiarkan berputar 4,5 jam (rencananya 5 hari, tetapi motor dihentikan, karena ada suara berisik, dan ternyata ada 4 butir magnet rusak). Hasil litbangnya telah ditampilkan di berbagai expo iptek energi. Purwarupa PLTMn ini menghasilkan listrik 5kW. 
Jan 2015 generator 5kW buatan Yildiz dilepas ke konsumen dari pusat distribusi di Turki (Kantor Pusat), Italia, dan Jerman dengan harga 15.100Euro (termasuk VAT). HMSB (Perusahaan Yildiz) memproduksi awal sekitar 2.000 unit (220V, 25A) yang berupa dua jenis produk, 1) generator listrik, 2) generator daya pada laju dan torsi beda (PTO). Tersedia 15 produk dari 7HP (5,2kW) hingga 3,3 MW. Gambar samping adalah Bell-1 (Belluno-1 versi Italia) dengan daya 5,2 kW. Beberapa kalangan mulai percaya pada teknologi PLTMn ini dan mulai digunakan.

Sebelumnya, purwarupa PLTMn 7kW semacam itu telah dibuat oleh Troy Reed (Tulsa, Oklahoma (AS), dan telah dipasang di mobil (AS) yang menggunakan jasa tenaga magnet saja sebagai 'bahan bakar" penggerak mobil (tidak ada BBM / gas / lainnya). Mobil bermotor magnet itu disebut SURGE yang dapat melaju hingga 137km/j.

PLTMn TK Omega RF5000 1 MW
Insinyur Spanyol DA Romero mengembangkan & mematenkan PLTMn Omega RF5000 berdasarkan resonansi Magnetik Elektro temuan Nikola Tesla sejak 17 tahun lalu. Kemudian, PLTMn 1MW dibuat oleh perusahaan Belgia TechnoKontrol (TK). Daya listrik 1.000kW tersebut diperoleh dari magnet permanen yang dapat beroperasi nyaris senyap selama 50 tahun secara ajeg dengan perawatan sangat minim di lingkungan apapun dan lokasi di mana saja. 
TK Orion AMGPP
PLTMn tsb dapat diturunkan dayanya ke 30 kW atau 20 kW sesuai kebutuhan dan dana anda. Susunan magnet di bagian dalam mesin dapat dilihat disini. Selanjutnya, TechnoKontrol memproduksi versi lanjut TK Omega RF5000 dengan nama TK Orion-AMGPP (TK Orion Advanced Magnetic Generator Power Plant). Kesuksesan teknologi ini menyebabkan banyak fihak ingin menghadangnya agar tidak masuk ke dunia komersial.

Perusahaan Platinum-Invests Group, kantor Pusat di Spanyol yang berkolaborasi dengan Universitas Pernik, Bulgaria, dan Institusi terkait lainnya dalam industri energi telah melakukan litbang membuat PLTMn Palladium (hanya nama, bukan unsur dalam sistem periodik) berbagai daya dan disertai daftar harga sesuai daya (mis. Palladium-30, 3 kW/j, 220V, harga 18.000 Euro). PLTMn ini bekerja terus menerus menghasilkan listrik (24/7) yang dikelola oleh peralatan kendali mandiri, sehingga dapat mengungguli PLTB dan PLTS yang kadangkala produksi listrik mereka naik/turun menuruti lingkungan pendukungnya. PLTMn ini dapat digunakan menggerakkan roda kendaraan atau mesin pesawat.

Perusahaan Unison, Jacksonville, FL, AS (anak perusahaan GE, 30th berpengalaman di industri pesawat terbang) adalah juga salah satu pemasok PLTMn untuk industri pesawat komersial/sipil dan militer (rotor & stator F100 untuk F15 Eagle dan F16 Falcon) dengan daya 3-250 kW.

General Motors (GM),  produsen otomotif di White Marsh, Maryland, AS pertama kali membuat motor listrik sendiri berdaya 85kW (114HP) dengan memanfaatkan magnet tetap yang digunakan dalam mobil Chevrolet Spark EV (2013) sebagai penggerak mobil. Saat ini motor listrik tsb digunakan sebagai bagian dari sistem propulsi pada 9 mobil lainnya, di antaranya:
Chev. Volt, Chev. Malibu Eco, Chev. Silverado Hybrid, Buick Lacrosse eAssist, Buick Regal eAssist, GMC Sierra Hybrid, GMC Yukon dan Yukon Denali Hybrid, dan Cadillac Escalade Hybrid. GM memfokuskan diri mengembangkan motor magnet permanen dan motor induksi untuk berbagai keperluan.

Peneliti Perancis Naudin (1999) memanfaatkan magnet guna menghasilkan listrik sekitar 24 Watt (3,5 Volt, 7 A DC) yang mampu secara mandiri bergerak ajeg. Rancangannya disebut Mini-Romag Generator. Generator ini perlu dipancing awal selama 42 detik pada putaran 2100 rpm, setelah itu motor dimatikan dan energi listrik yang dihasilkan dapat digunakan.

BIla pengendara mobil masih ingin menggunakan BBM, penempatan 4 nano magnet (yang disebut si pembuat sebagai quantum vehicle power magnets) di titik-titik tertentu (2 di kutub positif dan negatif pada aki, 2 di mana saja pada blok mesin) dapat menaikkan kinerja mobil (menjadi turbo). Nano magnet itu berfungsi mengatur pengeluaran BB secara harmonis sehingga dapat menghemat BB dan menaikkan akselerasi mobil.

Percobaan di Indonesia
  • Beberapa Peneliti Indonesia yang serius menekuni PLTMn adalah: Ahmad Fauzi (0821-7585-0331); Pratman (0821-2357-0823;  0856-0774-3559).
  • Mirza Roland sukses membuat PLTMn yang memanfaatkan tenaga magnet menjadi motor sekaligus generator yang disebut ELMA-3. Ia menghasilkan daya (4400 - 4800) W yang dapat menyalakan 1-2 rumah yang masih dapat diperbesar lagi. PLTMn ini berfungsi selama 25 tahun.
  • Bandara Djalaluddin, Gorontalo sedang merintis penggunaan PLTMn (2018, investasi Rp.3,5miliar) guna menghasilkan listrk tambahan 500 kVA (selain PLN 1200kVA) yang akan dipakai untuk TV dan pendingin ruangan.
  • Purwarupa PLTMn 5 kW buatan DN dengan kode AIM PLMN (dibuat oleh Tim pengembang dari PT Artha Indera Mahakam Perkasa, Sumber Rejo, Balikpapan) (info via Mitra Tech) dapat bertahan hingga 12 jam. PLTMn berbobot 600kg dan jumbo yang mengakomodasi roda penggerak, kumparan, amfibi, kapasitor bank, automatic voltage regulator / AVR, variable speed control, dan safe control. Biaya riset puluhan juta Rp, magnet masih diimpor.
  • Kegunaan magnet permanen di antaranya adalah generator/pembangkit listrik, sistem motor listrik (PT Pindad), komponen otomotif (power window, wiper, dll.) (~50 ton magnet permanen/bulan, PT ASMO & PT MITSUBA), PLTBayu (LAPAN, LAGG-BPPT), otomatisasi industri seperti sensor meter air (1juta buah/th, PT Sintertech & PT Multi Instrumentasi / PT Linflow), alat printer (0,6juta buah/th, PT Epson), dll. Selama ini, magnet permanen tsb diimpor dari Jepang dan Tiongkok. Guna mengurangi hal tsb, LIPI membuat bahan magnet permanen ferit untuk meter air menggunakan oksida besi limbah Hot Strip Mill (HSM) PT Krakatau Steel via metalurgi serbuk (mixing, kalsinasi, kompaksi, sinterisasi).
  • Konsorsium Magnet Indonesia (Fisika LIPI, PPET LIPI, PTBIN BATAN, Dep. Fisika UI,  PT Sintertech) perlu segera menguasai proses teknologi pembuatan magnet permanen, dan mendifusi iptek guna membangun industri magnet lokal, sekaligus memenuhi kebutuhan magnet permanen Indonesia yang tinggi (pasar no 2 di dunia).
  • Para mahasiswa ITN Malang melakukan penelitian PLTMn sebagai sumber energi alternatif dengan bantuan dana DIKTI 12 juta (4 bulan). Mereka mampu menghasilkan putaran ajeg pada turbin yang selanjutnya dapat dikopel ke generator guna menghasilkan listrik.  
  • M. Gunawan (PT TDL) masih terus mengembangkan PLTMn. 
  • GC Sumindar memanfaatkan energi magnet pada komnet (kompor magnet) ciptaannya untuk membantu ibu rumah tangga di dapur.  
  • Mahasisiwa FT-UGM memanfaatkan energi magnet untuk mengisi aki. 
  • LIPI bekerjasama dengan PPET (puslit Elektronika dan Telekomunikasi) memproduksi PLTMn. 
  • Di samping untuk memproduksi generator listrik, produk magnet BATAN dikembangkan pula untuk produk lain seperti asesoris mobil, pembersih vakum, penyubur tanah, produk industri, dll.  
  • Walikota Bandung berencana menggunakan PLTMn th 2015 untuk mengganti 27.000 titik lampu PJU (Penerangan Jalan Umum) yang bekerjasama dengan USAID AS.
PLTMn lainnya di dunia banyak ragamnya disertai dengan penjelasan cara kerjanya. 

Segeralah anda menjadi Peneliti dan pengguna magnet di Indonesia yang mampu memanfaatkan jasa tenaga magnet tetap untuk menyumbang energi listrik alternatif yang bersih dan ramah lingkungan sekaligus mengurangi penggunaan BBM di Indonesia.
Bagi anda yang sudah berhasil membuat purwarupanya, coba nyalakan PLTMn anda dengan beban sesuai desain setidaknya 6 bulan terus-menerus tanpa henti, guna meyakinkan PLTMn anda berfungsi dengan baik.



Ditulis oleh: Fathurrachman Fagi, WA 0812-1088-1386; ffagi@yahoo.com
______________________________________________________
Bagi anda yang meng-copy & paste tulisan ini di blog anda
cobalah ikhlas menyebutkan link sumbernya
http://energibarudanterbarukan.blogspot.co.id/2011/04/magnit-tetap-sebagai-sumber-energi.html




192 komentar:

  1. bagaimana bila sebuah motor/mobil digerakkan dengan magnet?? bisa dibayangkan kita pergi kemana aja gak perlu mampir-mampir ke SPBU :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak. . Tapi knp. Konsep ini tidak berkembang. Di jegal politik kekuasaan. .

      Hapus
    2. Kemana arah tujuan pemerintah kita ? Kita jg g ngerti.

      Unt itu mari kita bareng2, rame2 menciptakan pembangkit tanpa energi dg biaya rame2. Hasil kerja formulasinya kita nikmati bersama masyarakat banyak.

      Hapus
    3. Dear all,

      saat ini sedang dalam proses penyempurnaan, mudah2an tahun depan sudah bisa mengangkat harkat dan derajat ilmuwan kampung seperti saya dan teman2 untuk dapat berkarya di NKRI

      Hapus
  2. betul, mesin itu akan melambat dan berhenti bila magnitnya melemah (carilah magnit mengandung Nd/Neodymium)

    BalasHapus
  3. Bila digerakan dengan magnet neodynium sangat baik, dan harganya sangat mahal. Mesti impor dari china kalau di indonesia sulit didapat. Lebih baik menggunakan udara buat kendaraan bermotor untuk menggerakan piston/turbinnya. Dan komponennya gampang dicari diindonesia bila dibandingkan dengan magnet :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gimana caranya klo pake udara?

      Hapus
    2. mungkin "angin" maksudnya..

      Hapus
    3. kalau mengunakan udara seperti sistem turbin kita buat,. dan ahrus mengandalkan tabung udara untuk penyimpanan udara

      Hapus
  4. Sekedar mau nambah informasi dan bukti bukti kongkrit :
    - http://fuel-efficient-vehicles.org/energy-news/?page_id=976
    kalau mau bikin proyeknya :
    - http://frienergi.alternativkanalen.com/Chapt1.html
    - http://www.free-energy-info.co.uk/index.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak Yulian dan Pak Futur

      Energy ini mulai ada kapan ya? Tepatnya, boleh dong share...

      Thanks,

      asanoer.com

      Hapus
  5. terima kasih atas ilmunya yang sdah dibagikan... yang saya tahu hanya sekilas saja dari energi terbarukan...
    http://grahakamal.blogspot.com/2015/03/energi-terbarukan.html

    BalasHapus
  6. Kalo pembangkit ini di jual belikan bisa2 PLN bangkrut n gk sok2an monopoli lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku masih dendam.pln seenaknya medenda pelanggan.ga nurut diputus listrik.padahal saya ditipu oknum pln nakal.pelanggan di cap maling.oknom pln banyak yg merangkap malin

      Hapus
    2. Ya PLN perusahaan yg ga bs dituntut.Kita beli listriknya 220volt tapi dikasihnya 180volt.yah memang rakyat kita super sabar....

      Hapus
    3. ya btul tu kita kan yg rugi semua alat elektro nik jadi cpat rusak ,saya jga membuat energi listrik yg tan pa bhan bakar ,saya tingal cari motor DC kompon mukin ada yg bisa info tolong kirim ke email ke Ryci_keren@yahoo.com

      Hapus
    4. bung Ryci, kita sudah buat motor dengan teknologi quantum untuk menjadi salah satu komponen listrik tanpa bahan kabar yang kita ciptakan...

      Hapus
    5. Mas Muhammad Bima Yakti# bisa minta contact person anda..?
      Saya pingin tahu lebih jauh ttg PLTMn.
      Nama saya Dwi Hardjo.
      Cp.Saya 081345041712.
      TRIms..

      Hapus
    6. https://youtu.be/HBqP2rTgQT4

      Hapus
    7. untuk pak dwi harjo bisa menghubung no tlpon sy. 082175850332

      Hapus
    8. Betulll makannya ada uud nya dan penelitian sulit di kembangkan..

      Hapus
    9. Saya berencana membuat pltmn yg akan sy mix dg sistem flywheel tp ini rencana jangka panjang krn terkendala dana krn profesi sy sbg karyawan yg penghasilannya terbatas namun sy terobsesi utk membuatnya.
      Sy mst beli materialnya satu persatu utk mewujudkan nya.
      Magnet Nd material yg sangat mahal sy berharap Indonesia bisa memproduksi sndr magnet ini agar hrgnya bisa lbh murah drpd impor, semoga rencana sy bs terwujud dg modal dr kantong sendiri 🤲

      Hapus
  7. Tugas siapa nih harus memproduksi masal,,

    BalasHapus
  8. hebatlah saya juga mau, buat ah..

    BalasHapus
  9. wow luar biasa alloh begitu banyak melimpahkan rahmatnya di muka bumi,marii kita mamfaatkan sebaik mungkin,sebarkan terus ilmu2 alloh itu,agar semua manusia senantiasa dlm cahayanya.ammin

    BalasHapus
  10. Masih banyak mafia-mafia yang mencekal produk ini untuk dipublikasikan, dengan alasan akan merugikan pihak-pihak tertentu, dan memang itu nyata. Tetapi ini adalah kenyataan yang tak bisa dipungkiri dan tak bisa kita hidari, untuk itu belum saatnya diproduksi masal. Bisa dibayangkan, mobil tanpa BBM, Pertamina mau dikemanakan? PLTD tidak difungsikan lagi dan masyarakat beralih ke PLTMn, PLN mau dikemanakan?
    Santai saja.....suatu saat pasti... dan pasti....

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  12. sepertinya melawan hukum kekekalan energi ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. darimana melawan, toh ini mengubah energi satu ke energi lain nya,,dalam hal ini energi magnet ke energi listrik...

      Hapus
    2. Teori itu bisa sj berubah seiring perkembangan teknologi

      Hapus
  13. Kasihan , banyak warga di Indonesia yang belum merasakan layanan PLN, bahkan dindaerah penghasil Tambang minya dan batu bara di Kaltim, saya rasa ini saatnya untuk kita tdk berharap terlalu banyak pada pemerintah dan mencari solusi sendiri untuk listrik ini misalnyandengan memakai Magnet. Kalau ini sukses PLN gak akan songong lagi

    BalasHapus
  14. Makasih gan infonya.. semoga bermanfaat untuk yang lain.. saya juga sedang mengembangkan motor magnet untuk Tugas Akhir saya, mohon doanya.. :)

    BalasHapus
  15. Saya butuh referensi mengenai motor magnet ini, ada yang tau judul buku dan penulisnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halaman buku http://www.free-energy-info.com/PJKbook.pdf

      Hapus
  16. Referensi ada di link biru, cobalah klik, seperti usulan mas Yulian B.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak. Jika ada buku referensinya mungkin akan lebih sangat membantu

      Hapus
    2. mas saya boleh minta email atau nomor kontaknya, saya lagi mengajukan skripsi tentang motor magnet. makasih mas

      Hapus
  17. Pantesan harga minyak dunia njeblokkkkkk ...mantap ,,,,

    BalasHapus
  18. Ayo maju terus listrik tanpa bbm, biar listrik jadi murah mungkin gratis heheheeee

    BalasHapus
  19. Kalau gitu buat aja listrik tanpa bbm ini yg buuuuuuuaanyak biar indonesia terang benderang

    BalasHapus
  20. Udah nyoba n buktikan apa belum, Gan?

    BalasHapus
  21. betul itu,udah ada yg nyoba apa belum?

    BalasHapus
  22. sungguh berguna ilmu fisika.. yg pernah diajarkan guru disekolah dulu.. 2kutub ini akhirnya menjadi sumber energy yang berguna bagi kebutuhan umat manusia

    thx ya gan

    BalasHapus
  23. Ass Wr.Wb. Mohon bantuanya, sy perlu expert yg berdomisilin di bandung untuk bekerja sama dalam membuat generator tenaga magnet dengan daya 10kW. Semoga ada yg berkenan, jangan sungkan untuk hub saya / sms di 0857-2125-2736 . Hatur Nuhun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Generator listrik dri gaya tolak magnetik, sumber energi yg dgunakan adlh remanent magnetik ny. Dilihat dari kurva S (histerisis) bahan magnet Neodimium yg semakin mengecil seiring dgn waktu penggunaan. Generator smacam ini harus gonta ganti komponen magnetny untuk terus beroperasi.

      Hapus
    2. coba hubungi hikmatul iman..kang dicky atau dicky zainal arifin..

      Hapus
  24. Chevrolet sudah mulai jual mobil listrik dengan sumber listrik dari generator yang di gerakan energy tolak magnet ini.. berarti revolusi mobil free energi sudah di mulai.. dan tidak lama lagi rumah rumah warga terang tanpa kabel pln.. aamiin.. thanks buat ilmunya alhamdulillah.

    BalasHapus
  25. pembangkit listrik menggunakan tenaga magnet ??.. memang komponen magnetnya harus gonta ganti seperti yang dikatakan Mas Ndaru Adyono. tapi sekarang kan magnet udah bisa dibuat dengan listrik. tapi, thanks ilmunya mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut para ahli kekuatan magnet bisa bertahan sampe 400th,apa sempet kita menggantinya?

      Hapus
  26. saya sudah mencoba system ini.. dan saya mampu buat sampe 1 mega watt
    hubungi / sms dulu ke 082123570823

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos, bisa minta skema dan foto generatornya, saya ingin buat skala rumah tangga, kirim via WA 081226060771

      Hapus
    2. Mas pratman..saya mau belajar..ni no wa saya 085250379681

      Hapus
    3. Master,, apa skrg uda berhasil,, jika karyanya mau di jual, kira2 berapa harganya, ??

      Hapus
    4. Tonlong bagi bagi ilmunya agar bisa membuat gengset tenaga magnet. Saya membutuhkan 5000 watt atau lebih untuk pasokan listrik demi mengankat wather jet ini untuk kepentingan warga desa saya. Ini WA SAYA 085328980205 atau email sahrularis0007@gmail.com

      Hapus
  27. terus berkarya sehingga dapat berguna untuk masyarakat dalam hal penggunaan listrik...

    BalasHapus
  28. Iiihh keren!
    Aku jadi pengen bikin tp utk konsumsi rumah dulu.
    Pengen belajar, saya domisili Bogor.
    Mohon kerjasamanya ya.
    Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa,, saya bisa kerja sama...

      Hapus
  29. Alhamdullilah dan sangat berbanga utk rekan2 yang perduli dan dapat memberikan manfaat pada akhirnya kepada masyarakat yang sangat memerlukan renewable energy. Seperti program kami dari PT Alam Abadi (Bandung) dengan visi Sumber daya alam milik kita bersama dan Misi kami hasil energi bukan untuk komersial maupun kepentingan masyarakat. Sekiranya ada rekan yg berminat untuk bergabung dalam program kami demi warga warga yang memerlukan silakan kirim biodata dan kontak person rekan rekan ke support@alamabadi.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf sedikit revisi maksud misi kami adalah demi kepentingan masyarakat BUKAN untuk komersial maupun kepentingan POLITIK.

      Hapus
    2. Semoga misi PT Alam Abadi segera terealisasi tolong kalau sudah ada produksi segera dipublikasi atau disosialisasikan ke masyarakat

      Hapus
  30. kalau dikembangkan BBM tidak laku...

    BalasHapus
  31. Wewwm,,, seru,, ternyata free energy sudah ada di Indonesia sejak lama ya?? Saya terus terang sudah mikir ketidak seimbangan untuk menghasilkan energy yng "Abadi" ini tapi karena keterbatasan dana ya akhirnya, hanya dalam gambar saja... Tidak pakai magnet kalau punya saya, cuma pake ketidak seimbangan saja... hehehe... Nanti kalau ada dana insyaAllah, saya akan open source saja,, tidak perlu paten2an, doakan...

    asanoer.com

    BalasHapus
  32. Secara logika masuk akal.. dan teori pun bisa menjadi alasan pasti bahwa alat ini bisa berfungsi.. akan tetapi kita perlu mengkaji lebih dalam tentang kelemahan magnetik yg bisa di manipulasi oleh benda yg bertentangan dengan kemganetikan..

    BalasHapus
  33. saya sedang berusaha membuat pada skala kecil untuk rumah menggunakan kipas pendingin komputer/ampli kemudian dihubungkan dengan lampu led sebagai penerangan,lumayan kan untuk mengurangi beban tagihan listrik.jika ada modal sih pingin buat yg 1000watt biar bisa untuk nyalain kulkas dan tv ;),mohon dukungannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas Mugi Raharjo, tanya nih, kl bikin 1000watt itu membutuhkan biaya maksimal berapa mas ?

      Hapus
  34. saya sangat bangga kepada semua yang mendukung energi terbarukan Magnet tetap kiranya semua instansi dapat bekerja sama dalam penguasaan iptek ini dan semoga generasi muda akan mampu menguasai ilmu PLTMn ini dengan baik dan berhasil guna bagi dunia kita yang semakin rusak akibat polusi gas buang dari energi minyak bumi dan batu bara yang kita pakai

    BalasHapus
  35. Saya jga mau buat pltmn, buat di pakai sendiri aj dulu gk usah muluk muluk

    BalasHapus
  36. Mari tunjukkan kreativitas kita dgn pengetahuan yang kita miliki

    BalasHapus
  37. Kayaknya banyak fihak yang ketakutan kalau sampai energi maghnit dikembangkan bisa bisa banyak pengusaha energi yang bangkrut...tentunya pasti bannyak pihak fihak yang berusaha menghalangi..

    BalasHapus
  38. .mari kita wujudkan untuk membangun suatu organisasi khusus untuk energi baru ter barukan ini agar dapat berjalan mulus tanpa ada halangan dari mafia politik..kuncinya adalah bersatu.demi kemajuan bangsa..

    BalasHapus
  39. Mas Bro...yang satu ini emang keren !
    Kapan2 kita ketemua ya Bro...saya lagi membangun jaringan bisnis untuk :
    1. WoodPellet, pabrik sdh jalan di Cirebon (majalengka) cuma quota masih baru 80-100 ton/bulan
    2. Lentera Air Garam, sudah masuk tahap produksi masal. Insya Alloh kapasitas 100 unit/hari (pengennya sih 500 unit/hari) maklum semua hand made.
    3. Pembangkit Listrik Tenaga Pendulum, ini lagi mengerjakan punya Tasikmalaya, prototipe 10 KVA. mudahh2an yang ukuran sebenarnya (6-10 ton bandul) bisa diproduksi akhir tahun ini.

    Salam Energi Terbarukan !
    rudijeh@gmail.com
    Divisi Pengembangan Energi Inovasi & Agrokomplek (SosioPreneur)
    Radar Cirebon,-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weitsss... wong Cheribon... maju terus semuanya....

      Hapus
    2. nah, ketemu juga sama bung yang satu ini...
      wah keren sampai 10 KVA ya... hanya mungkin scale up dari yang kemarin saya dengar ceritanya dari teman... sukses...
      saya dan teman2 juga buat dengan teknologi quantum jadi lebih kecil dimensinya dengan kapasitar hingga ratusan KVA...
      kita sharing2 pengalaman dan design bung.... biar bisa kolaborasi untuk NKRI tercinta...

      Hapus
  40. Pihak yg banyak menghalangi tentunya kartel2 minyak dunia.Pernah baca kalau awal pembuatan mobil listrik di Amrik tahun 80an juga banyak halangan dr kartel2 minyak disana.Nasibe kaya om Dahlan ya.....Pernah terfikirkan untuk menggerakan generator listrik yang dipancing dulu pakai manual(tangan).kira2 butuh berapa rpm ya agar bisa menghasilkan daya minimal untuk menggerakkan motor lisrik yang kemudian dikopel lg ke generator.mohon pencerahannya,silahkan kalau tidak keberatan ada yg punya skema atau blueprintnya bisa di email ke heru_apollobaru@yahoo.com.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi kayak film steven seagal

      Hapus
    2. rpm mengikuti. kebutuhan dari spek generatornya mas. biasanya 1500/300rpm. nah tinggal kita cari motor penggeraknya yg brp ?. rpmnya. juga di hitung daya nya yg mo di konsumsi dan yg untuk produksi. . .

      Hapus
  41. Mhn Copas, sumber nya says cantimkan, tkd

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klik kata bercetak warna biru, itu sumbernya ...beberapa universitas melarang blogspot dijadikan acuan ..

      Hapus
  42. Mohon maaf utk siapa saja rekan rekan yg membaca postingan khususnya dr kami (alam abadi). Mohon jika seandainya ada kebutuhan dan telah mengubungi kami baik yg telah kami respon atau belum mohon cantumkan peruntukan nya. Hatur nuhun

    BalasHapus
    Balasan
    1. peruntukan apa mas. . maksudnya peruntukan pebggunaan energy listriknya.

      Hapus
    2. Cara nya gmna itu boss.. saya ingin membuat kecil2an... tolong ksih rincian nya wa saya 085291534935

      Hapus
  43. Nyimak dan up gan..
    Semua nya mantap..
    Sedikit 2 semoga menjadi bukit. ..

    BalasHapus
  44. Selamat dan terus maju bagi Agan2 yang sudah berhasil mengembangkang PLTMn...

    Bagi ingin mencoba, kami menyediakan super strong magnet N52 bentuk silinder khusus untuk memenuhi keperluan experiment Agan2 seperti yang tertera di BukaLapak:

    https://www.bukalapak.com/p/industrial/tools/1ysv7d-jual-magnet-neodinium-n52-ukuran-besar-20-x-25-mm?search[keywords]=magnet%20neodinium&from=list-product

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa di emailkan harga dan dimensinya gan
      mbimayakti@gmail.com

      Hapus
  45. Tenang mas bro mas bro.....sebentar lagi ane masukin sumber pembangkit magnet ini ke indonesia....kita riset 5 negara mas bro...dan sudah berhasil di output daya 2 MW...ane lagi proses MOU lincence agen untuk indo cuman ya kembali lagi tetep PLN yang akan kita gandeng karena mereka penguasa jaringan suplay di seluruh indo...tapi yang jelas insya allah ane akan jual daya lebih murah dari energy terbarukan manapun mungkin dikisaran 3 sd 4 sen usd per kwh....jadi pengaruh semua ke agan2....ass..wr..wb..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas, saya mau dong coba buat untuk listrik rumah. bisa kasih saya desain untuk membangun 2000 watt. mau coba buat dirumah :D
      klo boleh di share ini alamat email saya dewabudi@gmail.com

      Hapus
    2. kok masukin barnag dari luar sementara manusia indonesia sudah bisa berkarya....
      pasar saya masih di swasta, pln biarkan dengan masalahnya sendiri, terlalu banyak birokrasi dan jadinya malahan tidak kondusif

      Hapus
    3. sama dengan pa Ahmad Fauzi, kami juga mengalami kegagalan.. klo paesanan insyaaAlloh pa..kalo boleh minta nomernya bro BTX.. no saya 081381132211, 087824859354 (wa) Yusuf

      Hapus
    4. Tonlong bagi bagi ilmunya agar bisa membuat gengset tenaga magnet. Saya membutuhkan 5000 watt atau lebih untuk pasokan listrik demi mengankat wather jet ini untuk kepentingan warga desa saya. Ini WA SAYA 085328980205 dan email nya sahrularis0007@gmail.com

      Hapus
    5. postingan lama cuman baru baca, boleh dong pak BTX share skematik nya atau mgkn share biaya klau untuk rumah tangga, kisaran dihabiskan berapa

      Hapus
    6. email saya kokowee21@gmail.com

      Hapus
  46. Saya ikut mendoakan semoga sumber pembangkit magnet bisa masuk indonesia kan listrik bisa jadi murah bro, kuncinya petinggi pln dan petinggi2 indonesia tidak ada kepentingan pribadi dan kepentingan kelompok dan yang ada hanyalah demi kepentingan bangsa dan negara indonesia tercinta ini supaya cepat maju/tidak tertinggal dengan negara lain , insya Allah bakalan berhasil dan berhasil mas bro. Amin

    BalasHapus
  47. Mas BTX, mau tanya untuk aplikasi PLTMn di Industri yang sudah jalan dimana saja?

    BalasHapus
  48. Whewww... Mantafff Bro BTX... Maju terus...

    BalasHapus
  49. Sementara indonesia belum sama sekali kalo malaysia PETRONAS sedang testing kestabilan output daya selama 6 bulan dan sudah berjalan dari bulan maret jika lolos sampai sept 2016...minta doana dari semuanya...

    BalasHapus
  50. TERUS berinovasi selagi bisa di jadikan alternatifnya yg lebih efisien :D
    .
    kalo bisa listrik gratis untuk seluruh nusantara. itu baru namanya kemerdekaan energi di indonesia :D

    BalasHapus
  51. di mana saya bisa dapatkan, untuk 1500 watt

    BalasHapus
  52. BTX lanjutkan. Mari berbagi sbab banyak yg pengen tapi sedikit yg dapt ilmunya. Suksess slalu

    BalasHapus
  53. Dimana aku bisa mendapatkan dinamo generator 3000 watt. Aku ada tenega baru dari air terjun buatan tanpa listrik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sy ada mass yg 5000 watt. kl perlu bisa di gunakan. . no tlpon sy 082175850331. fauzi

      Hapus
  54. Saya lagi coba buat dari bahan2 seserhana.

    BalasHapus
  55. Saya mungkin termasuk saksi sejarah penemuan permanen magnet motor..penggunanya dulu kalau ga salah namanya howard jhonson ahli kemagnetan nassa ..purwa rupanya juga waktu itu masih sangat sederhana..

    BalasHapus
  56. Wah kebetulan..mau coba, berexperimen utk membantu daerah yg terpencil biar bisa merasakan pemerataan energi listrik...terima kasih pak buat info dan ilmu yg berharga ini...

    BalasHapus
  57. Semoga daya listrik dg tenaga magnet ini dapat segera terwujud sehingga cerita tentang listrik mahal, listrik biarpet dapat teratasi.....aminnnnn

    BalasHapus
  58. Budget 7jtan bisa buat genset free energy 2 unit. Per unit nya max digunakan selama 8 jam per hari supaya lebih awet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa 24 jam dengan menaikan kapasitas generator nya, jadi temperatur kerja bisa diturunkan, jadi barang tetep awet minimal sampe 4 tahunan

      Hapus
    2. wah boleh mass. kl bisa . no tlponya sy bisa pesan. 2 unit. ni no tlpon sy. 082175850331

      Hapus
    3. Pak,, satu unitnya harga berapa ya,, ini no tlpn sy,, +60146338373

      Hapus
    4. Bagaimana skema nya tolong bagi ilmunya demi kepentingan bersama

      Hapus
    5. saya juga mau , 085217379095

      Hapus
  59. BAGI AGAN YANG MEMBUTUHKAN MAGNET NEODYNIUM UKURAN BESAR UNTUK KEPERLUAN GENERATOR... bisa googling: "MAGNET N52 UKURAN BESAR"... sudah ada di jual di FJB KASKUS dan di BUKALAPAK.com

    BalasHapus
  60. Atau AGAN2 bisa kirim email ke: fnuk.impower@gmail.com ... untuk konsultasi kebutuhan magnet N52 ukuran besar bagi keperluan pembuatan generator magnet Agan2...

    Salam,
    Indonesia Magnetic Powered [impower]
    fnuk

    BalasHapus
  61. Super Strong Magnet Neodynium Grade N52

    Diameter (mm) x Panjang (mm): 50x40
    Diameter (mm) x Panjang (mm): 20x25
    Diameter (mm) x Panjang (mm): 30x30

    Grade: N52
    Material: NdFeB
    Bentuk silinder
    Nickel coating

    fnuk.impower@gmail.com

    BalasHapus
  62. Dalam pengembangannya sebenarnya sudah dilakukan hanya saja mungkin terbatas oleh efesiensi dan besarnya daya yang dapat dihasilkan oleh generator tersebut. serta harga yang masih menjadi kendala besar dimana harga mesin berbahan bakar minyak masih jauh lebih murah. doa saya semoga masyarakat khususnya mahasiswa yang memiliki banyak peluang agar tidak takut untuk maju dan melawan segala bentuk kekangan terhadap peluang energi terbarukan karena kita tahu sendiri jika tidak mungkin pihak swasta khususnya PLN akan tinggal diam jika ada teknologi baru yang dapat di pakai di rumah tanpa harus ada pemadaman dan tagihan tiap bulan...semangat indonesiaku....

    BalasHapus
  63. Saya punya rancangan untuk pembangkit listrik dengan tenaga mobil yang lewat. Sebuah konveyor didesign di bawah permukaan jalan raya, hanya sisi atas konveyor yang menjadi magnet. Mobil yang lewat akan terpengaruh mean magnet dan karena mobil melaju maka konveyorpun akan ikut. Konveyor bisa didesign selebar jalan dan panjang terserah yang penting lurus. Putaran konveyor akan mampu untuk memutar generator listrik.

    BalasHapus
  64. teman saya ingin membuat sebuah judul akhir. dan dia ingin membuat sebuah mesin PLTMN yang berukuran kecil,namun masih bingung berapa judul yang akan dapat di alat ini?

    BalasHapus
  65. terimakasih atas postingannya, sangat bermanfa'at.

    BalasHapus
  66. keren banget bang artikelnya, bisa buat referensi bang

    BalasHapus
  67. Apalagi sekarang subsidi listrik yg 900watt sudah di cabut sebanyak 2x sejak Januari 2017..Banyak sekali masyarakat yg sy pribadi dengar mengeluh(termasuk saya) tapi mereka tidak tau harus mengadu pada siapa.

    BalasHapus
  68. adakah yang sudah membuatnya dengan bahan bahan sederhana dan bisa untuk konsumsi rumahan,saya ingin mencoba membuat mohon bisa berbagi skema dan keperluannya apa saja. terimakasih. tomoortega6@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi skema nya boss ku.. ini wa saya 085291634935

      Hapus
  69. Nih Pertanyaan saya,, kalo agan bisa jawab hebat deh..
    Kok tidak sejak dulu saja orang gak pakai PLTMN? Bahkaan ilmuan? mungkin ada bukti bahwa PLTMN ini bisa diciptakan? yang akurat pastinya?

    BalasHapus
  70. Terlambat masih lebih baik daripada tidak membuat sama sekali.
    Bertanyalah kepada si pembuat PLTMn dalam negeri ini (mungkin via Mitra Tech.) berikut:
    https://www.youtube.com/watch?v=G3A_ZuEK5-E

    dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy di Sulawesi th lalu romadhon listrik byar pet, sebulan LG mau romadhon gimana utk bisa ngadain pltmn utk keluarga kecil sy ya

      Hapus
    2. Kalo buat rumah tangga gak perlu yg pakai magnet permanen pak. Saya kasih solusi, bapak bisa bikin sendiri alatnya. Kita sama sama belajar.
      aldy.cuk@gmail.com

      Hapus
  71. gimana cara penyusunan mahnet tolong bls pak

    BalasHapus
  72. Mantap sepertinya
    Trus ukuran magnet yang digunakan berapa ?
    Harga per bijinya berapa?

    BalasHapus
  73. Assalamu'alaikum Pak Fathur dan teman2 pencinta PLTMn, mohon penjelasan : listrik yg dihasilkan dari medan magnet harus disimpan di battery untuk menjamin kontinuitas ketersediaan dan supply listrik. Apakah saat ini sdh tersedia battery yg mumpuni untuk hal tsb? kalau teman2 sdh ada PLTMn max 2 MW yg proven....tolong kami di share (besar investasi dan persyaratannya) karena Group psh kami butuh support listrik untuk Proyek Resort di Pulau Rupat (lokasi Pulau antara Kota Dumai dengan Malacca. Wass Djuli Kuntjoro - djulikuntjoro@gmail.com - 08161167070 - 081287676787

    BalasHapus
  74. saya bisa membuat generator free energy sekali bikin untuk selamanya, membuatnya dirumah anda hub 082123570823 atau di 085607743559

    BalasHapus
  75. yang realistis dan pasti berhasil tu bikin pembangkit listrik tenaga kincir air atau kincir angin menggunakan generator magnet permanen. Saya sedia barangnya. Konsultasi dibengkel gratis.
    Stok yang ada;
    generator magnet permanen;
    50W 275rb
    400W 600rb
    750W 950rb
    1000W 1,4jt
    1500W 1,8jt
    2000W 2,3jt
    2800W 3,5jt
    5000W 4,3jt
    6000W 4,5jt
    7000W 5,1jt
    Putaran 120-1500rpm rata2 dapat Output 12-120V AC 3 FASA dan DC.
    Kondisi 2nd ex industri. Fungsi normal. Garansi 1 bulan. Dlm penggunaan normal tahan belasan tahun.
    Harga sdh termasuk rectifier. Belum termasuk ongkir.
    Barang di bantul Yogyakarta.
    Bisa kirim2. Via JNE, Wahana, Indah Cargo.

    Perlu ditambah inverter untuk bisa 220V.
    Yang langsung 220V 1 fasa TIDAK SEDIA.

    wa sj; 085659066759

    BalasHapus
  76. Sudah Tahun 2018 .. sudah adakah yang berhasil PLTMn nya ???
    LOkasi Mana ?? mau Survey nih .. kalau cocok mau beli.

    BalasHapus
  77. Tp sayang magnet neodymium mahal sekali, saya sdh menggambar sketsanya dgn model 6 piston tp blm jadi krn terbentur dgn biaya. Selain itu saya jg buat sketsa dgn memakai motor listrik, dinamo listrik, roda gila, pully, belt. Semuanya dirangkai jd satu. Motor listrik gunanya utk memutar dinamo yg sdh dikasi roda gila biar putarannya stabil. Utk memutar motor listrik diperlukan daya listrik spt PLN/genset/aki, stlh putaran motor listriknya stabil, colokan motor listrik cepat2 dipindahkan ke dinamo listrik. Arus dari dinamo listriklah yg akan melanjutkan berputarnya motor listrik. Motor listrik akan hidup terus selama colokannya tdk dicabut dari dinamo listrik.

    BalasHapus
  78. Saya hanya saran aja.Demi kepentingan kita bersama,alangkah baiknya bagi yang sudah berhasil,tolong di share aja systemnya.Jadi,semua bisa tau cara membuatnya dan siapatau juga bisa mengembangkan.Yaaah minimal bisa lebih banyak yang taulah.

    BalasHapus
  79. Alhamdulillah mau ikutan nyoba, makasih ilmunya.

    BalasHapus
  80. Saya sudah mencoba kurang lebih sekitar 6 bulan untuk tugas riset saya.. sistem dari design yg saya buat blum bisa juga untuk memutarkan rotor.. sekitar 4 design dan percobaan dngan prototype yg saya buat.. karna saya masih penasaran dan ingin hal ini kenyataan...mungkin ada yg bisa bantu... cp 085771853868

    BalasHapus
  81. https://youtu.be/x4NkF9D01to

    Pembangkit Listrik Tenaga Magnet.

    Stabil. Free Energy
    Cocok untuk remote area

    For info
    WA: 081287630700

    BalasHapus
  82. Bismillah Semoga Bisa Berjalan Lancar.

    Btw Bolehkah Saya Tanya Tanya Lewat WA Seputar Tenaga Magnet Ini
    0838-4985-8980 (WA)

    Terimakasih

    BalasHapus
  83. wah.. saya sangat berterimakasih buat semuanya. dari penjelasan teman-teman semua ini sangat bermanfaat. kita juga harus bisa mengembangkan PLTMn ini.
    nah saran saya buat kita semua agar bisa bertukar pikiran. bagaimna kita buat group di WA "Forum diskusi Pengembangan PLTMn". saya harap group ini bisa dibuat.
    salam saya.
    ini WA saya ( 083185746262 )

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh,, ayo kalo buat grup

      Hapus
    2. Terima kasih banyak atas ilmunya saya juga ingi membuat untuk kepentinagn warga untuk mengankat air dari mata air di bawah tapi terkendala sumber listriknya saja tolong bantu saya nih no WA saya 085328980205

      Hapus
    3. INi wa saya 085328980205 saya juga ingin membuat untuk mengangkat air dari sungai di bawah desa saya terkendala masalah listrik untuk men mengoprasikan wahter jet nya. Atas perhatianya saya ucapkan terima kasih

      Hapus
    4. Sudah adakh forumnya.. boleh kah saya bergabung... ( 085771853868 )

      Hapus
    5. Siap bikin grup wa 0853291534935

      Hapus
  84. Iya sudah berhasil dalam riset tapi bukan berdasar dari kampuan magnet melainkan membengkokkan hukum kekekalan energi dengan hukum yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Caranya apa dengan menggunakan cara motor listrik - rotor - generator - inverter - motorlistrik dan baterai ?
      Terima kasih

      Hapus
  85. Saya sempat melihat dokumenter sejarahnya di acara TVRI tahun 2005
    Impian ttg mesin semacam tu sudah lama dipikirkan orang Amerika, tp tidak berhasil dibuat (waktu itu blm terpikir menggunakan magnet)

    Saya pas nonton acara itu sempat terpikir ide menggunakan magnet sebagai energi, dan sempat menggambar mekanisme mesin magnet

    BalasHapus
  86. Setahu saya Sistem kerja generator umum ada 2 self-excitation dan external-excitation.
    Penjelasan dibagian awal cara kerja generator itu saya kurang mengerti jadi saya bertanya hal yang dasar saja.
    1. magnet permanen itu ada di stator atau di rotornya atau dua-duanya ??
    2. yang memutar rotor itu apa ??
    3. kumparan ada dimana rotor atau stator ?

    BalasHapus
  87. Tonlong bagi bagi ilmunya agar bisa membuat gengset tenaga magnet. Saya membutuhkan 5000 watt atau lebih untuk pasokan listrik demi mengankat wather jet ini untuk kepentingan warga desa saya. Ini WA SAYA 085328980205

    BalasHapus
  88. Mohon masukkan sy ke group WA genset Magnet ini, wa sy 08999722375, terima kasih, Farid

    BalasHapus
  89. Bisa merakitkan untuk listrik 2500 watt peruntukan rumah tangga, dengan harga minimalis?

    BalasHapus
  90. Saya sangat berminat dgn energi baru ini...PLTMn sangat dibutuhkan di daerah sy Flores...sbb PLN mati satu sampai 2 kali seminggu, dan satu kabupaten hanya 1 pom bensin...dan sering habis...klo antri kendaraan utk isi bbm sampai 5 kilo meter. Mohon bantuan dan petunjuknya apabila solusi PLTMn ini bisa jd solusi buat kami, terimakasih.

    BalasHapus
  91. Maaf no WA sy bpk. Yoh.085377799954,terimakasih

    BalasHapus
  92. Ada yg bisa bantu buat pltmn mohon hub sy WA 085235074725

    BalasHapus
  93. 2018... dan saya hanya punya ide & rancangan saja... karena riset butuh biaya...

    BalasHapus
  94. Saya juga berminat untuk berexpriman ,sementara sy sudah buat dng menggunakan motor listrik dan hasilnya belum maksimal,dan klo berkenan sy juga mau dimasukkan group wa untuk saling tukar pikiran ini no wa sy 082135476579

    BalasHapus
  95.  السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ 
    Saya juga experiment di SMK Free Energy 22KVA dan 5KVA HP.081238012999 WA Bisa masukan group Syukron

    BalasHapus
  96. Mana kabarnya yang experiment PLTMn 1 Mw kok belum ada produksinya ya.

    BalasHapus
  97. Hai. Sy yadi Dari Cirebon. Sy menemukan mesin / engine penggerak tenaga gravitasi bumi. Yg insyaallah blm ada di dunia.Saya mencari investor yg mau support untuk mengaplikasikan menjadi penggerak generator penghasil listrik. Boleh call sy di 082221999799. Terimakasih.

    BalasHapus
  98. https://youtu.be/K_-kYUl14Z4

    ini percobaan saya prototipe saja, memang bisa gaya magbetnya digunakan memutar rotor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren mas.👍 Rangkaian magnetnya permanennya itu bagaimana mas?

      Hapus
    2. Tolong boss ku.. minta bimbingan nya
      . msih bnyak desa2 trpencil blum dpat aliran listrik. Wa sya 085391634935

      Hapus
  99. hati2 gan kalau pemerintah tau bisa didenda gan

    BalasHapus
  100. ada yang bisa bantu saya, saya juga perlu bimbingan WA 082159964099

    BalasHapus
  101. Sy masih coba2, pemula, mhn share lah di wa 081365678344
    Msh banyak warga dipedalaman..butuh listrik

    BalasHapus
  102. Tapi bagus..ada research gini..sy masih pemula..tapi berharap betul ini bisa terealisasi.
    Msh bnyak warga di pedalaman butuh banget...

    BalasHapus
  103. Salam utk semuanya...
    Saya butuh generator permanent magnet 5kw 220 vac low rpm,
    Utk coba buat pembangkit listrik rumahan..
    Apakah ada yg bisa bantu?
    Wa 08128893275
    Teeimakasih

    BalasHapus
  104. Seru neh pembahasan nya, saya teknisi listrik kecil_. Saya antusias sekali membaca postingan ini. Apabila memang sdh ada group, mohon ijin agar saya bisa di masukkan ke group. Terima kasih. Kontak wa saya di 085208783900

    BalasHapus
  105. Tolong Minta bimbingn nya boss ini wa sya 085291534935

    BalasHapus
  106. Ini maksudnya motor bisa muter terus tanpa bbm gitukah. Setahu saya betul kalo kutub senama sa ling tolak atau ada pergerakan.
    Masalahnya bila kutub bertemu yang tak senama, itu akan terus menarik atau tak ada pergerakan.
    Kecuali ada dibuatkan mekanisme khusus yang bisa membuat perubah an kutub magnet. Sehingga bisa se lalu saling tolak atau selalu sa ling tarik. Saya pikir ini yang perlu di pecahkan.

    BalasHapus
  107. Berarti jualan magnet bakal jadi primadona dunia

    BalasHapus
  108. mohon bagi ilmunya temen" .
    sya dr kampung madura. kampung sya pulau hanya 4 desa saja. d kampung sya blm sama sekali tersentuh listrik ada yg menjual magnet generator. untuk keluarga kecil sya ni no wa saya. 087800172031 terimakasi..

    BalasHapus
  109. pertanyaan saya yang paling mendasar yaitu :

    apakah bila saya menciptakan alat ini, saya bisa membuat surat2 ijin produksi ?

    bila tidak bisa membuat surat, pertanyaan yang lain :
    apakah saya membuat alat ini dan menjual ke seseorang yang membelinya akan terkena pidana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menuruut UU No 30 Tahun 2009, cukup dengan Izin Pemakaian Genset, kapasitas sampai dengan25KVA berupa laporan usaha penyediaan tenaga listrik untuk kepentingan sendiri.

      Hapus
    2. kalau produk nya sdh ada wa ke sy 0811 98 3285

      Hapus
  110. assalamualaikum. saya dari mahasiswa UNJ prodi teknik mesin mendapatkan judul TUGAS AKHIR tentang MAGNET TETAP. Jujur saya masih bingung dengan judul ini, sekiranya dari bapak/ ibu ada yg berkenan untuk mengajari/ membimbing saya. mohon bantuannya sangat. bisa hub: briankusuma1504@gmail.com / wa: 085155066784

    BalasHapus
  111. Slobodan Andree Inventor corea Killed (magnet motor)
    Reed Troy Inventor Usa, Killed
    Robert adam inventor, Killed the bank oligarha milioner famili,
    Thoseinventors who have invented pure free energy for the world, do not leave!

    BalasHapus